Jumat, 17 Januari 2014

Teknik Antarmuka (Interfacing Techniques)

Adalah ilmu yang mempelajari bagaiamana kita bisa menggunakan komputer secara umum agar bisa mengendalikan peralatan-peralatan yang ada diluar, misalnya printer, monitor, dll. atau bisa untuk mengendalikan peralatan yang kita buat sendiri seperti robot, lampu, dll. Pada sebuah komputer PIO lah yang mempunyai fungsi menghubungkan dengan peralatan peralatan luar.gambar dibawah merupakan sistem standar komputer modern.




Seperti RAM dan ROM, alat-alat dapat dihubungi oleh processor. sehingga pada alat-alat tersebut harus mempunyai alamat-alamat sendiri. sehingga pada setiap alat harus dilengkapi dengan decoder alamat. decoder alamat ini yang menunjukkan alamat pada alat. ketika semua masukan pada decoder 1, maka alat tersebut yang digunakan. seperti pada gambar dibawah, masukkan 0 dirubah menjadi 1. dan kemudian baru bisa masuk bus data.


Agar data pada komputer bisa digunakan untuk alat yang ada diluar, maka pada gambar diatas kita tinggal membalik bufer nya, jadi data yang dari komputer bisa digunakan untuk alat-alat yang ada.


akan tetapi pada gambar diatas, pada alat hanya menyala sangat sebentar dikarenakan data yang lewat sekejap. agar dapat menyala dengan lama maka perlu ditambahi flip-flop pada bufer. sehingga ketika pintu masuk pada flip-flop dibuka, maka keluaran akan dipertahankan.







Pada komputer sebenarnya, ada 2 peta alamat, yaitu:
1. Pete memory, untuk menghubungi memory.
2. Peta port, untuk menghubungi IO.
selain ada bus data dan bus alamat, maka pada processor ditambahi lagi 4 kabel:





misalkan kita akan menyalakan lampu, maka kita menggunakan IO write sebagai keluaran nya. sehingga pada rangkaian akan seperti gambar.


Sehingga alamat yang dituju oleh prosesor sampai dan tepat ke alat yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar