Rabu, 15 Januari 2014

RAM (Random Access Memory)

RAM (random access memory) adalah perangkat keras yang berfungsi menyimpan berbagai data dan perintah program.
pada dasarnya RAM sama seperti lampu flip flop, pada lampu flip flop yang digunakan adalah RS flip flop.




pada tabel benaran flip flop, hasil Q terakhir adalah mempertahankan nilai sebelum nya. ketika Set maka Q akan berubah jadi 1, dan ketika di Reset maka Q berubah jadi 0.


selanjutnya rangkaian flipflop ditambah dengan gerbang 2 gerbang NAND, dengan salah satu input nya digabung sebagai pintunya.


ketika input yang diseri diberi masukan 0 maka hasil akhir nya dipertahankan. sehingga input-input yang lain tidak diperhatikan. ketika input yang diseri diberi nilai 1, baru masukkan yanglain diperhatikan.

 
tabel benaran nya


jika input A dan B sama, maka hasil yang diperoleh tidak bagus, agar supaya masukkan A dan B tidak sama atau berkebalikan maka perlu di tambahkan gerbang NOT pada input A dan B.


dari rangkaian diatas, kemudian disederhanakan. yang perlu kita ingat hanya A sebagai masukan dan Q sebagai keluaran. ketika G dikasih nilai 1, maka data masuk, dan jika dikasih nilai 0 maka data tidak dapat masuk.


selanjutnya gambar rangkaian diatas ditambah dengan gerbang yang memiliki pintu keluar, G2 adalah pintu keluar untuk data, jika G2 dikasih nilai 1 maka data akan keluar, dan jika data dikasih niali 0 maka data tidak dapat keluar.


rangkain diatas dapat disederhanakan menjadi


seetelah disederhanakan menjadi kotak merah tersebut kemudian kita hungkan kaki A dengan kaki Q sehingga menjadi seperti gambar dibawah, dan kemudian digabung beberapa komponen.



kemudian dari tiap kaki rangkaian tersebut diberi 2 gerbang AND dan 1 gerbang NOT.





dari komponen-komponen tadi kemudian disusun menjadi 1 rangkaian utuh, dan ditamabah dengan decoder untuk membuka dan menutup pintu masukan dan keluaran.




sehingga tersusun sedemikian rupa. komponen-komponen RAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar