Senin, 13 Januari 2014

Maxterm dan Minterm

Maxterm dan minterm adalah persamaan yang memiliki hubungan operasional OR. pada operasi maxterm hanya nilai 1 saja yang digunakan. sedangkan pada minterm hanya nilai 0 yang digunakan.
operasi maxterm dan minterm digunakan dalam operasi seven segmen untuk menyalakan lampu-lampu yang bisa menunjukkan angka-angka. yang menampilkan mulai dari angka 0 sampai angka 9.



contoh, jika lampu menunjukkan angka 2, maka lampu yang menyala adalah f, a, g, d, c. untuk membuat rangkaian yang merubah angka biner menjadi seven segmen maka bisa menggunakan operasi masxterm atau operasi minterm. sebelum membuat rangkaian yang merubah daari biner menjadi seven segmen maka diperlukan tabel benaran terlebih dahulu.


tabel benaran digunakan untuk mengetahui lampu mana saja yang akan menyala. misalkan ketika kita memilih angka 1, maka lampu "a" akan menyala. misalkan lagi kita memilih angka 3, maka lampu "a" juga menyala. ketika kita memilih no 5 atau 6, maka lampu "a" tidak menyala.

1. Maxterm


dari tabel tersebut maka bisa dibuat rangkaian. ada 2 macam cara untuk membuat rangkaian tersebut, yaitu dengan cara maxterm dan minterm. pada cara maxterm maka yang diperhatikan yang bernilai 1 saja. sedangkan pada cara interm, maka yang perhatikan yang bernilai 0.
pada cara maxterm pertama kita siapkan 4 masukan yaitu A, B, C, D dengan keluaran "a". pada cara maxterm yang digunakan gerbang AND, karena ada 4 masukan, maka kita mencari gerbang AND yang masukan nya ada 4 juga. untuk cara maxterm masukan yang bernilai 0 maka harus dikasih gerbang NOT agar masukan nya menjadi 1. misalkan kita ambil contoh kemungkinan ketiga, maka pada masukan C tidak perlu dikasih gerbang NOT.


dari tabel benaran kita membuat 5 rangkaian maxterm. dari 5 rangkaian tersebut lalu dijadikan 1 dengan menggunakan gerbang OR. dari gabungan dari rangkaian-rangkaian tersebut maka akan keluar lampu "a" yang kita inginkan.


untuk lebih rapi dan simpel, dapat digambar seperti dibawah ini


2. Minterm

untuk cara minterm, yang perlu kita perhatikan adalah keluaran yang bernilai 0. sama seperti hal nya maxterm, kita menambahkan gerbang NOT. tetapi pada minterm yang ditambah gerbang NOT adalah yang masukannya 1.pada cara minterm kita menggunakan gerbang OR. pada gambar kita ambil angka 5.


untuk menyederhanakan gambar rangkaian kita bisa gunakan seperti gambar berikut, dengan menambahkan gerbang AND. sehingga akan menghasilkan lampu yang diinginkan.

6 komentar: